Jan 23, 2012

STATT-Pelatihan Perluasan Jaringan & Peluang Pendanaan bagi NGO Ind Se-Indonesia

Halo semua, 

Seperti yang pernah diumumkan beberapa minggu lalu, STATT, sebuah perusahaan jaringan peneliti dan praktisi di bidang kemanusiaan, akan mengadakan workshop pengembangan jaringan dan peluang pendanaan bagi organisasi lokal non-profit di Indonesia. Workshop ini dinamakan Indonesian Local Institutions Network Expansion (inLINE) atau Perluasan Jaringan Institusi Lokal di Indonesia. 

Tujuan inLINE Workshop:
inLine Workshop bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan pemahaman dan hubungan antara institusi lokal non-profit di Indonesia dengan donatur nasional dan donatur asing. Workshop ini juga akan membuka kesempatan bagi kedua pihak untuk berjejaring bagi peningkatan pendanaan institusi lokal tersebut.

Waktu dan Tempat:
inLINE workshop akan dilaksanakan diantara tanggal 18 - 27 April 2012, dengan durasi sekitar 1 hari (sekitar 8 jam). Lokasi di Jakarta. Waktu dan tempat akan dikonfirmasi lebih lanjut. 

Peserta:
Sembilan puluh (90) institusi lokal dengan jumlah perwakilan dari setiap institusi hanya satu (1) orang, serta beberapa donatur nasional dan donatur asing yang berpotensi mendanai proyek-proyek kemanusiaan di Indonesia melalui institusi lokal.

Agenda:
Beberapa topik yang akan dipresentasikan dan didiskusikan, mencakup:
1. Informasi mengenai struktur dan proses sistem bantuan di Indonesia
2. Overwiew mengenai pendanaan dari donatur
3. Informasi mengenai proses keuangan donatur (keuangan tahunan, prioritas pendanaan, alur sistem dari perspektif donatur, dkk)
4. Strategi dan pendekatan oleh institusi lokal untuk memperoleh bantuan dana (bagaimana untuk mengidentifikasi dan mengamankan peluang memperoleh dana)
5. Penulisan proposal 
6. Monitoring dan Evaluasi (termasuk pelaporan internal bagi organisasi dan eksternal terutama bagi donatur)
7. Prinsip dan Manajemen keuangan 
8. Berjejaring dengan donatur

Biaya Pendaftaran:
Biaya mendatangkan pemateri, sewa gedung dan makan siang akan ditanggung oleh STATT, namun biaya kebutuhan ATK di hari pelaksanaan Workshop termasuk biaya print hand-outs dan name badge ditanggung peserta dengan jumlah biaya total Rp. 75,000,- (tujuh puluh lima ribu) per orang. 

Cara Mendaftar:
Bagi yang ingin mendaftar silakan isi dengan lengkap formulir yang tersedia dari link berikut: https://docs.google.com/spreadsheet/viewform?formkey=dGxiTWpTSTZmaHZ6UWpxSTljSFRkakE6MQ
sebelum hari Jumat, 3 Februari 2012, pk 5 sore WIB. Data akan diseleksi dan bagi yang terpilih akan kami hubungi untuk proses lebih lanjut. 

Catatan:
inLINE Workshop dikhususkan bagi institusi atau NGO lokal dan nasional, bukan NGO internasional. 

Untuk informasi lebih lanjut tentang STATT, silakan baca informasi di http://www.statt.net/,
juga tersedia dalam bahasa Indonesia. 

Jika ada pertanyaan, silakan kirim email anda ke inline@statt.net 

Terima kasih,

Tim Seleksi inLINE Workshop

No comments: